Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iseng di Siang Hari! Dapat 8 Foto Serangga dan Bunga di Taman Kantor

Kali ini saya akan membagikan sebuah foto hasil ke isengan saya di siang hari tepatnya jam 11.00 pada Hari Sabtu tanggal 04 Februari 2023. Foto yang saya bagikan yaitu foto buah, foto bunga dan foto serangga.

Hari Sabtu yang mendung tapi tak hujan mengundang rasa jenuh yang begitu besar. Akhirnya saya bergerak untuk sekedar iseng saja tapi keisengan saya dibekali lensa kamera makro hasil flash sale shoppe 10.10 di tahun 2022.

Jadi lensa Makro ini berfungsi untuk mengambil foto dengan target yang kecil-kecil. Salah satu contoh targetnya adalah serangga dan benda kecil lainnya (Harapan kecilku untuk dapat pasangan artis tidak termasuk ya).

Berikut ini beberapa foto hasil keisengan saya, yang hasilnya tidak seberapa hehe. 


Foto Bunga Bougenville Jatuh
Foto Bunga Bougenville Jatuh

Foto Bunga Bougenville Jatuh

Foto tersebut saya ambil tepat di depan halaman masjid kantor saya. Bunga tersebut adalah bunga bougenville atau di kampung saya namanya bunga kertas, karena tekstur bunganya seperti kertas. 

Bunga bougenville sangat mudah sekali rontok dari tangkainya. Namun, ketika bunga tersebut rontok dan jatuh ke tanah justru si bunga tersebut malah menghiasi tempat di sekitarnya.


Foto buah mangga kecil
Foto buah mangga kecil

Foto buah mangga kecil

Saya cukup beruntung bisa mengabadikan sekumpulan mangga kecil tersebut. Karena tak lama lagi pasti mangga tersebut akan rontok. 

Dari banyaknya mangga kecil yang ada di dalam foto tersebut, tidak semua mangga bisa bertahan hingga menjadi mangga yang besar. Angin dan pijakan burung sering kali membuat mangga kecil terjatuh.


Lalat hinggap di buah kelengkeng
Lalat hinggap di buah kelengkeng

Lalat hinggap di buah kelengkeng

Saya kurang begitu yakin itu lalat atau bukan. Tapi terlihat dari kepalanya itu adalah lalat. Sekilas buah kelengkeng terlihat berukuran besar tapi sebenarnya buah kelengkeng tersebut berukuran kecil, dan si lalat ukurannya sangat kecil sekali.

 Lalat kecil tersebut hanya diam saat saya foto dan sama sekali tidak takut walaupun lensa saya sudah sangat dekat dengannya.


Foto kuncup bunga soka
Foto kuncup bunga soka

Foto kuncup bunga soka

Saya sering sekali menemukan bunga ini, entah saat di kota ataupun di desa. Walaupun sering menjumpai sebenarnya saya tidak tau nama dari bunga tersebut. Hingga pada akhirnya saya mencari tau karena saya butuh untuk postingan ini.

Yap, namanya adalah bunga soka. Pada foto tersebut bunga soka yang masih kuncup memiliki bentuk seperti duri tapi tidak tajam seperti duri. Warna pada pucuk kuncupnya berwarna merah dan berwarna hijau pada pangkal kuncupnya.


Foto lebah madu yang tenang
Foto lebah madu yang tenang

Foto lebah madu yang tenang

Hasil pencarian saya di google, lebah yang ada di foto tersebut adalah lebah madu. Karena memang saya tidak begitu tau tentang jenis-jenis lebah (lagi-lagi cari tau untuk kepentingan postingan).

Mari fokus ke fotonya, foto tersebut saya ambil dengan mudahnya karena si lebah sangat tenang dan tidak begitu takut dengan lensa kamera yang sangat dekat dengannya (sekitar 7 cm).

Posisi si lebah yang baru saja keluar dari dalam bunga, dengan posisi mundur lalu berputar ke kiri tiba-tiba dia terdiam dan sangat tenang. Saat diam itulah kesempatan saya untuk mengabadikannya.


Foto lebah kayu yang sibuk
Foto lebah kayu yang sibuk

Foto lebah kayu yang sibuk

Sama halnya dengan si lebah madu, saya pun mengetahui nama lebah kayu ini dari pencarian di google. Si lebah kayu ini ukuran tubuhnya lebih besar dari si lebah madu dan sayapnya pun cukup lebar.

Karena ukuran yang besar, membuat terbangnya si lebah kayu menjadi lambat. Tapi ketika dia sudah hinggap di salah satu bunga, pergerakaannya akan lebih cepat.

Begitu hinggap pada bunga langsung saja si lebah kayu masuk ke dalam bunga. Dan posisi pengambilan foto di atas saya ambil ketika si lebah kayu baru saja hinggap pada bunga.

Sebenarnya saya masih memiliki banyak foto untuk si lebah kayu, foto ketika dia hinggap di bunga, foto ketika masuk ke dalam bunga, dan foto ketika keluar dari bunga. Tapi tidak saya bagikan karena khawatir loading pada postingan ini menjadi berat.



Foto kupu-kupu yang gagal fokus
Foto kupu-kupu yang gagal fokus

Foto kupu-kupu yang gagal fokus

Untuk mengabadikan seekor kupu-kupu pada sebuah foto adalah hal yang cukup sulit jika menggunakan lensa makro. 

Untuk menggunakan lensa makro saya harus mendekatkan lensa kamera dengan target foto sekitar 7 cm, sedangkan saat saya mendekat dengan jarak setengah meter saja si kupu-kupu sudah terbang karena takut.

Dan foto di atas adalah salah satu dari sekian banyak foto percobaan yang saya lakukan untuk mengabadikan si kupu-kupu. Walaupun foto di atas masih terlihat gagal fokus tapi setalah memilah dengan sangat teliti dari sekian banyak foto si kupu-kupu, foto tersebutlah yang lumayan cakep.


Foto bunga putih
Foto bunga putih

Foto bunga putih

Untuk bunga yang berwarna putih ini saya belum tau namanya dan belum mencoba untuk cari tau di pencarian google. (Yang tau namanya komen ya, sebagai imbalan saya balas komennya 🤭)

Foto pohon bunga ini pernah saya bagikan di postingan kumpulan foto tumbuhan hasil tangkapan foto smartphone pribadi. Bunga putih ini jika sedang mekar, dalam 1 pohon jumlah bunganya sangat banyak sekali (walaupun tak sebanyak harapanku padanya).

Saat pengambilan foto bunga putih tersebut, saya sengaja memilih target bunga yang lebih tinggi dari saya. Alasan, karena memang bunganya tinggi-tinggi semua hehe. Saya saja sampai merasa pagal di pundak, karena sekitar 10 menit lebih saya habiskan untuk foto-foto si bunga putih tersebut.

Nah, itulah beberapa foto hasil dari keisengan saya di siang hari. Iseng-iseng yang penuh dengan keberuntungan karena waktu dan cuaca sangat mendukung untuk foto. Tidak terlalu panas juga tidak terlalu banyak angin. Pokoknya momennya cocok banget untuk foto-foto. 
 
Kalo begitu cukup sampai di sini dulu ya. Semoga menghibur.


23 komentar untuk "Iseng di Siang Hari! Dapat 8 Foto Serangga dan Bunga di Taman Kantor"

  1. photo-photonya keren banget ya
    saya kagum dengan dengan hasil zoom nya, tidak pecah. tetap jernih
    saya juga suka jepret-jepret, dan hasilnya bisa buat pelengkap artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Djangkaru, saya juga terinspirasi dari bapak loh. “Tukang Foto Bukan Photografer”. 🫡🫡🫡

      Hapus
  2. Apik"tenan mas foto"nya..saya belajar dari mas Nuhid nih...saya juga lagi siapin beberapa buah foto untuk artikel selanjutnya..cuma harus baca di mbh Gugel dulu nama"nya wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu, minimal kita menambah wawasan untuk diri sendiri, dan syukur-syukur bisa memberikan informasi bermanfaat untuk pembaca.

      Hapus
  3. Keren dan luar biasa. Hasil fotonya bagus, karena kehebatan pemilik tangan yang memotretnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu, tapi ini semua masih tahap belajar mu, semoga saya dan teman-teman semua selalu konsisten dalam belajar. ❤️

      Hapus
  4. Pakai hape apa kamera digital kang nuhid? Kok detil dan bagus banget foto fotonya. Apalagi yang gambar serangga lalat di buah Kelengkeng itu.

    Btw, ternyata bunga Bougenville itu bunga kertas toh, saya baru tahu.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake hp pak,

      Saya aja belum lama ini taunya pak ahahahha, parah amat yak ahahha

      Hapus
  5. lebah kayu badannya gemoy....gemech....gemesssh..hahhahah...tapi dia terbangnya lambat ya karena unyu unyu besar hahahhaha...tapi bagus...

    yang di pentilnya kelengkeng juga bagus...ga kukira itu kelengkeng saat masih ijo..kayak sukun ya...

    bunga putih itu kayak melati jasmine yang ada di rumahku...tapi ini gede ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya si lebah kayunya punya bulu kuning unyu banget memang.

      Kelengkeng kecil kalo difoto dari deket memang kaya sukun. Saya baru ngeh kalo mirip sukun.

      Bunganya kecil mbk, itu di foto kelihatan gede karena ambil fotonya dari deket banget.

      Hapus
  6. Ini pake kamera macro bawaan apa dari gcam bang, bagus banget hasil fotonya,
    Aku pernah juga iseng foto" macro tapi dulu waktu masih pake bb, pas udah ke android malah ga ada waktu hehe padahal seru foto" macro

    Btw yang putih kaya mirip melati jasmine bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pake lensa makro tambahan pak, kalo kameranya pake kamera hp.

      Owalah melati jasmine namanya, terima kasih pak atas informasinya ❤️❤️❤️❤️

      Hapus
  7. Yang putih itu seperti bunga snow flake, ada juga yang bilang bunga melati tempel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih pake bahasa engres lagi namanya. Ow melati tempel, kalo dilihat memang posisi bunganya cuma nempel aja gitu,

      Hapus
  8. Hunting foto makro itu memberikan sensasi berbeda ya mas. Banyak banget yang mesti diperhatikan. Sperti sudah fokus tapi objeknya kabur, susah fokus juga jadi kendala tersendiri. Tapi ketika hasilnya sesuai dengan harapan, rasanya puas sekali.

    Aku sudah lama ga main makro. Sudah lama ga berburu serangga, lebah, dan lalat. Foto-fotonya bagus mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap betul sekali Mas Vay, saat mendapat foto yang sesuai harapan kita rasanya tuh wah banget. Pasti Mas Vay sering ya foto makro.

      Ayolah Mas Vay ajari saya lebih jauh lagi tentang foto makro 🥹

      Hapus
  9. Wah ingin belajar nembak bunga 9ake kamera hp juga. Soalnya liat foto teman-teman blogger ko pada cakep-cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya yang punya cerpen karo datang juga. Mas Afriant fokus buat cerpen saja soalnya bagus cerpennya.

      Untuk foto-foto, salah satu tips awalnya yaitu foto sebanyak mungkin dan sesering mungkin.

      Hapus
    2. Wah iyakah? Aku jadi terhura. Bentar-bentar... Mau guling-guling dulu saking terharunya. Makasinya Mas.

      Makasi tips ya Bang. Laksanakan.

      Hapus
    3. Eh…eh… jangan guling guling di sini Mas, barusan kucing saya pecirit di sini mas.

      Siap, sama-sama

      Hapus
  10. Menarik pak hasil jepretan photonya... Terlebih yang ada gambar kupu2nya... Seperti lihat wallpaper.😁👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallpaper apa pak? wallpaper tembok ya hehehe,

      Terima kasih Pak Satria atas kujungan dan komentarnya 🤭

      Hapus
  11. lebah kayunya kelihatan keren....
    👍👍

    BalasHapus