Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Perbaikan Blog Tercinta

Yap, di postingan ini saya akan sedikit membahas perbaikan yang saya lakukan untuk blog tercinta ini.

Tiga tahun belakangan ini saya sama sekali tidak serius mengurusi blog nuhid.com. Saya tidak menulis postingan blog, tidak update tema blog, tidak mempromisikan blog. Intinya blog terlantar.

Gambar perbaikan blog
Perbaikan blog

Dan berapa bulan belakangan ini, tepatnya dari bulan November 2022 saya mulai membuka blog ini lagi. Kembali melihat Dasbor, mengupadate plugin, menghapus komentar spam dan tentunya membaca postingan-postingan lama saya.

Membaca kembali postingan lama memberikan suasana nostalgia di mana saat-saat semangat sekali menulis. Menulis hingga berjam-jam untuk menghasilkan tulisan yang layak untuk dinikmati minimal untuk diri sendiri.

Karena hal itulah, muncul niat baik untuk memperbaiki blog agar nanti bisa kembali semangat untuk menulis dan mengisi blog tercinta ini.

Apa saja perbaikannya?

1. Perbaikan postingan

Cukup lama saya mengisi blog ini dengan foto-foto tanpa ada tulisan. Iya, cuma foto saja tanpa deskripsi karena terlalu males untuk menulis.

Menulis 1 paragraf untuk satu foto saja saya sangat  berat sekali. Dari bulan November 2022 saya hanya upload postingan gambar tanpa deskripsi. Dan di bulan Februari 2023 ini dengan berat hati saya hapus postingan gambar saya.

Kenapa saya hapus? Karena saya pikir sudah saatnya saya kembali menyajikan postingan yang layak. Tidak hanya sekedar posting, tapi memberikan bacaan yang informatif dan juga menghibur.

2. Berbenah tujuan blog

Bila berbicara soal tujuan blog maka tidak jauh beda dengan tujuan ngeblog. Tujuan pertama saya ngeblog dulu hanya untuk berbagi tips dan trik untuk edit aplikasi java. 

Lalu tujuan tersebut berkembang seiring  bertambahnya teman ngeblog. Banyaknya teman ngeblog memberi alasan lain untuk saya lebih giat  dalam ngeblog.

Yang awalnya membuat postingan dari hasil copas blog lain, lalu terus berkembang membuat postingan sendiri yang asli buatan diri sendiri.

Karena tujuan ngeblog saya dulu belum jelas dan hanya ikut-ikutan, pada akhirnya semua pudar dengan sendirinya. Ketika teman-teman ngeblog mulai menghilang karena pensi, semangat ngeblog saya pun mulai menghilang juga.

Dan sekarang saya kembali, masih dengan rasa bimbang menentukan tujuan ngeblog setalah sekian lama menghilang.

Kembalinya saya dengan banyak motivasi. Setelah membaca berbagai artikel tentang tujuan ngeblog, dan membaca beberapa blog inspiratif. Akhirnya saya sudah menetapkan tujuan ngeblog saya.

Menjadikan blog sebagai catatan pribadi. Dengan target audiens diri saya sendiri. Dengan harapan setiap tulisan saya dapat saya baca kembali di masa depan nanti.

3. Berbenah tampilan blog

Tampilan blog adalah suatu hal yang sangat penting. Bagian yang membuat orang lain terkesan ketika melihat blog kita.

Menurut saya tampilan blog hal kedua yang harus diutamakan setelah konten blognya. Oleh karena itu, saya memutuskan salah satu langkah perbaikan blog saya adalah memperbaiki tampilan blog.

Tapi memperbaiki tampilan blog tidak sepenuhnya akan menjadi hal baik. Karena sudah 1 pekan saya habiskan hanya untuk memikirkan tampilan yang pas untuk blog saya.

Serupa dengan hal tersebut, dulu saya juga sering melakukan hal itu, menghabiskan waktu hanya untuk otak atik tema blog yang gak ada ujungnya. Dan justru membuang-buang waktu yang seharusnya bisa untuk membuat banyak konten.

Karena itulah saya tak akan muluk-muluk untuk tampilan blog ini. Cukup tema yang ringan dan mudah untuk dibaca kontennya.

Nah, dari sini dapat saya simpulkan, bawah perbaikan blog yang saya lakukan sebenarnya adalah hal dasar dari blog ini. Jadi postingan ini tidak penting-penting sekali. Tujuannya untuk mengasah penulisan saya saja.

Semoga menghibur dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

10 komentar untuk "3 Perbaikan Blog Tercinta"

  1. bermanfaat semuanya, tapi paling suka yang no.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak, semoga bermanfaat 🤭

      Hapus
  2. Kalo saya malah lagi malas ngeblog, mau update artikel saja kayaknya berat banget.

    Saya dulu juga Gonta ganti tema, tapi biasanya ganti template doang, kalo suruh edit tema masih belum bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pak bareng-bareng Semangat posting ✊✊✊

      Hapus
  3. Keep blogging bro ...

    Tujuan ngeblog itu pertama untuk pribadi dulu, buat catatan sejarah hidup kita, siapa lagi yang mau mencatat sejarah hidup kita, karena kita orang biasa. Pahlawan sudah ada yang mencatat sejarahnya kalau kita?

    Siapa lagi yang peduli kalau bukan diri kita sendiri, keep blogging.

    Saya ini pelihara beberapa blog, lebih dari 5 dan memang gak semua bisa konsisten beriringan pasti ada yang terlantar, tapi tetap ditengokin sih.

    Btw ini kan pakai domain .com, tiga tahun gak diurus bayar domainnya bagaimana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas awal beli langsung beli yang jangka waktu 5 tahun pak, kebetulan kalo pembelian awal banyak diskon. Berhubung ada diskon langsung aja beli untuk 5 tahun. Tahun depan niatnya mau perpanjang lagi.

      Ngeblog untuk menulis sejarah kita itu ide yang sangat keren pak. Saya juga gak pernah kepikiran sapa juga mau menuliskan sejarah kita, kita aja males belajar sejarah ahahhahaah

      Terima kasih atas kunjungannya Pak

      Hapus
  4. Assallammualaikum sahabat, berbicara akan blog dan tujuan ngeblog masing - masing orang tidaklah sama namun bagi saya pribadi itu tidaklah menjadi masalah.

    Jujur, kalau saya pribadi dulu menjadikan ngeblog sebagai ladang untuk mencari cuan namun sekarang ngeblog selain hobi ya saya gunakan sebagai tempat dokumentasi baik untuk saya, mama tercinta saya, suami saya, maupun anak saya.


    Dan? Buat teman - teman semua tetap semangat ngeblognya ya? Semoga apa yang kita sampaikan dalam blog bisa bermanfaat tuk diri kita sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Bu Tity, terima kasih atas kunjungannya, dan dukungan semangat untuk ngeblog. 🫡

      Hapus
  5. Semoga setelah diperbaiki 3 hal tadi, ngeblognya semakin rutin ya mas nuhid 😉.

    Wajar kok kalo sesekali jenuh sampai akhirnya vakum. Ga usah dipaksa, Krn malah bakal bikin buntu. Kalo memang udah semangat lagi utk update tulisan, barulah di situ kita menulis lagi

    BalasHapus
  6. Wah telaten juga ya dan penuh kecermatan, ganti tampilan direncana dengan baik.

    Kalau saya gabrus gabrus ganti tema ga cocok ganti, pernah sdhsri nyoba nyoba ampe 10 tema wakakakakkak

    BalasHapus