Semangat Ngeblog Lewat Hp, ini Cerita Saya

Apa kabar sob? kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita sekaligus semangat untuk sobat yang ngeblog lewat hp.
Ngeblog itu pada dasarnya memang sulit apalagi jika ngeblog lewat hp bukanlah perkara yang mudah. Karena banyak sekali keterbatasan yang kita temui sebagai bloger yang ngeblog lewat hp.
Dulu saya juga sempat putus asa untuk ngeblog, karena saya rasa sangat sulit untuk ngeblog lewat hp. Saat itu saya ngeblog di platform blogger.com. saya berjuang tapi nggak pake mati-matian ya sob. Karena saya dulu ngeblog hanya iseng-iseng dan ingin berbagi saja.
Saya merasa jenuh dengan semua keterbatasan ngeblog, saat itu saya berniat untuk berhenti ngeblog sob. Tapi hanya berselang beberapa hari saya berhenti ngeblog, saya nggak tahan untuk berhenti ngeblog lagi.
Saya pun kembali beraksi dengan hp kesayangan saya nokia c1-01. Masih dengan blog saya yang di blogger.com. saya sangat mengingat betul sob, sulitnya jadi bloger ponsel saat itu.
Tapi nggak begitu lama saya kenal mywapblog. Saya dulu berpikir, enak banget ya ngeblog dimwb. Saya sudah tertarik ketika saya baru daftar akun dimywapblog karena sangat mudah sekali untuk daftar. Tapi waktu itu saya belum serius membuat blognya karena saat itu saya berniat hanya untuk menyimpan file saja.
Akhirnya perlahan saya pindah ke mwb, dan membuat banyak blog di mwb tapi nggak ada yang keurus hanya satu yang saya urus yaitu blog-nahid.mwb.im blog tersebut sudah saya hapus. Tapi dari blog tersebut saya mempunyai teman di mwb saya nggak mau menyebut orangnya nanti orangnya minta duit lagi.
Lanjut, dari situ saya semangat banget ngeblognya, tapi lama-kelamaan bosen karena ngeblog di mwb gitu-gitu saja seperti nggak ada kemajuan. Lalu saya mencoba membuat blog di platform wordpress.com. Di blog tersebut saya mempelajari banyak hal terutama kegiatan menulis saya yang semakin membaik mulai tertata rapi dan enak di baca menurut saya.
Ternyata saya nggak lama juga sob ngeblog di platform tersebut karena blognya nggak bisa di monetasi. Saya pun pindah lagi sob dan untuk yang kali ini saya pindah ke xtgem.com. Sebenarnya saya lebih dulu mengenal xtgem dari pada mwb tapi karena belum bisa mengolah xtgem jadi saya aktif deh di mwb.
Di xtgem saya belajar banyak sekali hal, terutama html, css, dan sedikit javascript. Di xtgem ternyata saya cukup betah sob. di xtgem saya juga punya beberapa teman seorang mastah wapper seperti yakubnay.
Saya ingat sekali pertanyaan yang saya ajukan pada mastah tersebut. waktu itu saya bertanya tentang css yaitu saya menanyakan
mas apa fungsi dari clear:both pada css ?
Saya belajar banyak dari mastah yakubnay. Tapi entah orangnya masih ingat apa nggak sama saya.
Selain mas yakubnay saya juga kenal dengan mastah Coding Page Failed. Dari mastah tersebut saya belajar tentang programing php sob. Pernah saya di buatkan wap php sama mas coding dengan hosting gratis. Tapi sayang sekarang wapnya sudah di susped sama pihak hostingnya.
Mas coding adalah wapper yang sangat handal sob, karena dia belajar programing php secara otodidak dan dia hanya belajar dari google saja. Padahal ia hanya seorang wapper yang sekolah tamat Smp dan yang membuat saya kaget lagi mas coding hanya menggunakan hp untuk otak-atik dan belajar php. Saya banyak belajar deh dari mastah tersebut.
Lanjut kecerita lagi, sudah cukup puas saya membuat banyak banget wap uji coba di xtgem. Saya mulai merasa bosen sob. Lalu saya kembali lagi ke blog lama saya yaitu di blogger.com, saya masih menggunakan hp nokia c1-01 saya.
Waktu itu saya suka banget otak-atik template blog saya. Karena lagi melampiaskan ilmu-ilmu yang saya pelajari dari xtgem.
Setelah bosen, saya mulai belajar menulis lagi sob, waktu itu saya punya hobi yang cukup baik yaitu membaca blog sukses seperti blogodolar.com. Tapi saya merasa kesulitan lagi sob karena hp saya rusak pada layarnya.
Lalu saya ngeblog deh lewat pc di warnet. Pengeluaran saya sangat besar sekali saat itu. Tapi akhirnya saya bisa ngeblog lewat hp lagi sob, karena hp saya sudah di servis dengan uang saku lebaran dari kerabat.
Saya mulai ngeblog lagi, dan saya benar-benar kualahan sob ngeblog di blogger.com dengan perangkat hp. Akhirnya saya kembali lagi ke mwb itu pun dengan beberapa tahap. Karena saat itu saya membuat banyak blog lagi dan nggak keurus lagi.
Saya mulai serius ngeblog di mwb pada November kemarin saya membuat blog ini. Karena tekat saya sudah bulat untuk ngeblog di mwb. Saya membuat domain blog ini dengan nama lengkap saya sendiri.
Saya berniat blog ini akan saya jadikan blog pribadi yang akan saya isi dengan pengalaman saya selama ngeblog sejauh ini.
Tapi nasib nggak sejalan dengan rencana saya untuk ngeblog secara konsiten di mwb. Cobaan mulai datang ketika layar hp nokia c1-01 meredup karena faktor usia. Mungkin hp saya sudah tua jadi saya memakluminya.
Hampir 3 tahun casing hp saya belum pernah saya ganti, akhirnya saya ganti sob dengan yang masih mulus. Pikir saya casingnya bagus tapi layarnya redup. Dengan rasa sabar saya menutupi semua kekurangan hp saya.
Semangat ngeblog di mwb dengan blog baru, ada beberapa yang membuat saya heran sob. Tulisan dan angka di hp saya hilang semua padahal baru 1 minggu saya pakai. Keyped hp saya sebelunya berwarna putih dengan tulisan dan angka-angka yang jelas. Tetapi setelah seminggu di pakai warnanya berubah jadi hitam semua.
Itu semua terjadi karena hampir setiap hari saya membuat artikel yang sangat panjang-panjang di blog saya ini.
Untung saja saya sudah hafal dengan setiap angka dan tulisan di keyped hp saya.
Saat lagi semangat-semangatnya ngeblog, ternyata semangat hp c1 saya sudah nggak kuat lagi sob mengikuti semangat saya untuk ngeblog. Karena beberapa tombol atau keyped hp saya mati.
Yaitu pada tombol *,0,# dan analog kanan.
Perlu sobat tau saya menulis postingan dan blogwalking tanpa ada spasi, karena tombol nol saya nggak berfungsi lagi sob atau bisa lihat bagaimana bentuk awal postingan ini saya buat tanpa ada spasi.


Tetapi dengan sedikit kreatifitas saya bisa membuat spasi tanpa menekan tombol nol yaitu dengan copy paste spasi dari artikel lain yang saya buat. saya pun masih bisa BW sob walaupun tombol *,0,# dan analog kanan nggak berfungsi.
Dan sampai saya menerbitkan artikel ini saya masih nggak bisa menggunakan tombol tersebut.

Kesimpulan

Dari cerita dan pengalaman saya tersebut saya akan mengembangkan blog ini.
Saya yang ngeblog dengan hp yang hampir sekarat saja masih semangat untuk ngeblog. Saya harap sobat semua yang ngeblog dengan hp yang sudah keren seperti Android jangan sampai malas dan merasa putus asa. Ngeblog itu bisa dilakukan semua kalangan. Selama ada hp yang bisa konek keinternet maka ngeblog bukanlah hal yang mustahil.
Oke sobat bloger mungkin hanya itu saja yang dapat saya ceritakan tentang cerita semangat saya ngeblog lewat hp. Sekian dari saya dan TERIMA KASIH.

Postingan terkait:

29 Tanggapan untuk "Semangat Ngeblog Lewat Hp, ini Cerita Saya"

  1. Pengalamannya sangat menginspirasi gan, sy pernah di bloger.com. Ternyata agak ribet dan alhamdulillah tdk terurus. Buat blog di mwb berulang2 tp entah kenapa setiap mau post sll nggk bisa di buka, alhamdulillah di bln nov. Sy buat blog lg di mwb dan sukses, sy tdk pernah cari tau utak atik css hanya fokus di post aja, nah dg pengalaman agan yg sdh segudang bisa bantu saya dong, bila ane tanya2 yg berhub. Dg blog. Ada teman ane yg cukup aneh dia udah master, kalau sy tanya ttg yg berhub, dg blog jwbnya "cari aja di google" sedih rasanya dpt jwbn yg begitu, tp tak apalah, google emang salah satu jln keluar menurutnya mungkin :) terimakasih

    ReplyDelete
  2. Lah mas brow itu gmn ngeblog kaya orang keranjingan sana sini...lalu apa keuntungan dan apa kerugian dari cara mas bro ngeblog...jawaban mas bro mungkin bisa menginspirasi buat bloger pemula seperti saya...agar hidup punya harapan,kesabaran dll yang kira2 membuahkan hasil positip pada diri kita nyaman lahir dan bathin...trimz postnya mas broh

    ReplyDelete
  3. mata duitan ndotkomFebruary 11, 2016 at 7:56 PM

    Keranjingan? Hahaha komeng mas @agisna bikin saya ngakak aja, mungkin juga tuh abisnya mas Nahid ngeblognya kemana2 sih :grin:

    Menurut saya tidak ada platform yang sempurna, 1 blog saja sudah cukup, asalkan ngeblognya konsisten di jamin blognya bakal mantap juga kok. Tentang pengalaman ngeblog.. Saya juga pakai hp java mas, sulit memang, tapi kita tidak perlu minder apalagi menyerah, Toh yg ngeblog pake PC atau android juga belum tentu postingannya lebih bagus dari yang pake Hp. Iya kan?

    ReplyDelete
  4. putuadimarta rachmanFebruary 11, 2016 at 11:01 PM

    wihh kayanya udh berpengalaman jg nih admin satu ini, udh banyak jg nyibain main blog di sana sini, sampai akhirnya skrang katanya mau serius ya di mwb ini, yaps mudah2an aja bs konsisten dg satu blog dan bnar2 fokus utk mengurus serta mengelolanya..siip

    ReplyDelete
  5. Seputar Acara Dan Iklan TelevisiFebruary 11, 2016 at 11:20 PM

    Ceritanya menarik, hampir mirip dengan cerita saya. Sebelum menggunakan android, saya menggunakan HP Jadul untuk ngeblog. Waktu itu saya berpikir tentang cara ngeblog di HP. Pertama kali saya mencoba di blogger, tapi disana super duper rumit. Sampai ketika saya membaca artikel salah satu blog tentang ngeblog lewat ponsel, dan akhirnya saya dipertemukan dengan MyWapblog ini. Semangat terus ngeblognya :D

    ReplyDelete
  6. Wah salut sama semangatnya....
    Kalau saya baru kali ini aja ngeblog, saya nyoba daftar xtgem malah nggak paham.
    Saya ngeblog juga pakai hp sob, nokia juga. Terkadang saya kesal kalau loadingnya lama. Soalnya kalau terlalu lama main hp, kepala saya terkadang seperti berdenyut-denyut. Entah karena apa saya nggak tahu. Jadi ya maaf saja kalau biasanya kunbalnya lama.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:27 AM

    OZILKUN satu tahun cukup lama sob, untuk blog sobat keren, terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:34 AM

    AMATBANGOK76 ternya pengalaman kita hampir sama, sobat sangat kreatif bisa ngeblog secara otodidak, semoga saja bloger lain terinspirasi dari pengalaman kita.

    ReplyDelete
  9. lapor follow beck sukses

    ReplyDelete
  10. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:42 AM

    AHMAD HAFIZ ANSHORY jadi semangat ngeblog sobat karena termotivasi dari blog lainya. begitulah sob manfaat dari blog yang berbagi tulisan yang bermanfaat bisa menginspirasi bloger lain, saya berharap blog saya ini bisa menginspirasi bloger lain juga.

    ReplyDelete
  11. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:46 AM

    SITI ROBIATUN jadi kenal mywapblog dari temanya, terus siapa nama temannya sudah sukses tersebut.

    ReplyDelete
  12. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:55 AM

    UKHTY NUR MAYA saya juga pernah dapat jawaban dari teman seperti itu 'cari google saja pasti ada kok'. saya sendiri sih bisa di bilang masih baru mbk. kalau mbk mau tanya soal blog silakan mungkin saya bisa bantu.

    ReplyDelete
  13. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 12:59 AM

    AGISNA INDRA yah begitulah kalau abg labil ngeblog. untuk tambahannya saya nanti tulis, terima kasih buat sarannya.

    ReplyDelete
  14. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 1:04 AM

    MATA DUITAN NDOTKOM iya juga sih, dari dulu cuman montang-manting nggakjelas, sekarang baru ngerasain hasilnya mbh, memang jadi orang setia itu lebih banyak untungnya. :nyengir: -penuh penyesalan-

    ReplyDelete
  15. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 1:08 AM

    PUTUADIMARTA RACHMAN iya semoga betah di mwb sampai sukses. saya rasa sudah cukup jalan-jalannya hehe

    ReplyDelete
  16. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 1:12 AM

    SEPUTAR ACARA DAN IKLAN TELEVISI jadi pernah juga ya merasakan rumitnyadi ngeblog blogger.com, saya rasa memang mwb sudah cukup.

    ReplyDelete
  17. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 1:17 AM

    ZAHROTUL M ternyata ngeblog pake hp nokia jugaya, kepala berdenyut-denyut saat internetan pake hp atau yang lainnya, mending istirahat saja dulu mbk. agar ngeblognya nggak jadi beban pikiran.

    ReplyDelete
  18. walah mirip2 ternyata dengan pengalaman saya nih ceritanya, tapi bedanya saya lom pernah bikin blog di wordpress. dan kalo ngeblog lewat hp, dulu saya pake nokiem 6300 trs beralih ke s60v3 n73, sekarang pake robot ijo dan netbook.

    kalo soal coding alhamdulillah, saya sekolah di jurusan tki (teknologi komputer & informatika), jadi kalo ada nanya html, javascript, php, pascal, atau malah binnary, itu udah makanan biasa mbah admin. ya meski belum terlalu paham sih :mrgreen: oya, kalo mau mainan html ataupun css saya saranin pakai software Dreamweaver, cepat mudah dan efisien hehe.. :grin:

    ReplyDelete
  19. Senasip sepeng hp an..kunjungan pertama dariku gan. Masih awam soal ngeBlog, barangkali bisa mencerahkan.

    ReplyDelete
  20. 4 Jalan paling berbahaya dan mematikan di duniaFebruary 12, 2016 at 6:46 AM

    Coba cari informasi tentang Linda Ikeji, seorang blogger asal Nigeria yang menghasilkan milyaran uang dari blog. Mungkin semangat kamu jadi bertambah lagi

    ReplyDelete
  21. Posting nya panjang amat sori belum bisa baca semua. Soalnyaa masih sibuk gan.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 11:43 PM

    ZONA HAPE MWB ternyata malah kuliah di jurusan tersebut, jadi boleh dong saya belajar dari sobat, itu aplikasinya buat hp atau pc.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 11:45 PM

    Lutfi mencerahkan soal apa sob

    ReplyDelete
  24. Muhammad Nuhan NahidlFebruary 12, 2016 at 11:47 PM

    IBENZ nggak masalah kalau untuk sobat di enakin saja sibuknya.

    ReplyDelete
  25. hmmm ane awalnya ngeblog dari hp juga gan

    ReplyDelete
  26. Wah, bikin semangat ngeblog saya semakin terpacu kalau kayak gini. Hp saya juga nggak bagus-bagus amat kok mas, jadi masih ada temennya pakai hp Nokia. Penting itu semangatnya bukan dipandang dari Alat yang digunakannya.

    ReplyDelete
  27. wahh pengalaman ngeblognya panjang banget Mas Muhammad Nuhan, saya pernah nyoba pakai hp, tapi ketika di lihat lewat laptop artikelnya jadi sedikit acak-acakan... mungkin belum terbiasa saja mas.. hehe :D

    ReplyDelete
  28. Perjuangan blogger terdahulu memang perlu d apresiasi kang, beda dgn skrg ...

    ReplyDelete
  29. busett dahhh ceritanya bikin haru. hahaha.. Sampe keypad jebol pun masih nulis artikel..
    tp ngmong2 gw skrg lebih suka di blogspot soalnya ada javascriptnya. dtmbh lagi kalo di mwb nulis htmlnya manual jadi capek.. kalo gak mau manual harus buka chrome (lbih boros data) atuh mendingan sekalian buka blogger hehehe

    ReplyDelete
Klik disini!! untuk cara menggunakan emotion pada komentar.